Layanan USG 4 Dimensi di Eka Hospital Cibubur

Layanan USG 4 Dimensi di Eka Hospital Cibubur

USG 3 dimensi dan 4 dimensi merupakan suatu pilihan opsional, dan bukan merupakan tes prenatal standar. Ultrasound sendiri merupakan suatu teknik medis diagnostik non-invasif yang menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk menghasilkan gambar (sonogram) dari struktur internal tubuh. Gelombang suara ini tidak dapat dideteksi oleh pendengaran manusia. Untuk Anda yang ingin mendapatkan layanan USG 4 dimensi, Anda bisa mengunjungi rumah sakit terdekat, salah satunya adalah Eka Hospital Cibubur.

Kegunaan Metode USG

Dalam bidang kebidanan,  USG kehamilan (USG janin atau USG bayi) digunakan untuk mengetahui dan memeriksa perkembangan janin. USG baik 3 dimensi atau 4 dimensi dapat digunakan untuk mengetahui jumlah janin dalam kandungan, usia janin, letak plasenta, posisi janin, gerakan janin, pernapasan dan detak jantung janin, serta jumlah cairan ketuban di dalam rahim.

Kebanyakan wanita melakukan tindakan metode USG setidaknya satu kali selama kehamilan. Pemeriksaan dapat dilakukan secara trans-vaginal (pada awal kehamilan), tetapi sebagian besar dilakukan secara trans-abdominal.

Ultrasonografi 3D dan 4D juga memiliki kegunaan medis yang terbatas, seperti untuk memeriksa kondisi kandungan saat dicurigai ada masalah tertentu. Saat ini USG 3D dan 4D populer untuk gambar sonogram “kenang-kenangan” dari bayi dalam kandungan. Waktu terbaik untuk USG 3D untuk foto janin adalah ketika bayi sudah berusia sekitar 26 minggu.

FDA memperingatkan terhadap penggunaan ultrasound untuk alasan nonmedis. Meskipun belum ada bukti risiko, efek jangka panjang dari ultrasound ini belum dipelajari. Ultrasonografi Doppler juga dapat digunakan untuk mengukur aliran darah dan bisa digunakan jika ada kecurigaan bahwa janin tidak tumbuh dengan baik.

Alasan untuk melakukan USG selama kehamilan

Jika Anda termasuk ibu hamil dengan risiko yang rendah, tidak ada komplikasi, biasanya aman untuk melakukan setidaknya satu kali tindakan USG baik 3 dimensi atau 4 dimensi yang bisa diakses di rumah sakit seperti Eka Hospital Cibubur. Sementara itu, ibu hamil yang berusia lebih tua dan memiliki komplikasi biasanya akan melakukan tindakan USG 3 dimensi atau 4 dimensi lebih banyak. Ada banyak alasan mengapa USG secara umum diperlukan selama kehamilan, tergantung pada trimester, termasuk:

  • Mengonfirmasi perkiraan tanggal jatuh tempo melahirkan
  • Melihat dan memeriksa detak jantung bayi 
  • Memastikan kehamilan tidak ektopik (yaitu di saluran tuba) dan di dalam rahim
  • Mengonfirmasi jumlah bayi dalam kandungan
  • Memastikan bayi dapat berkembang dengan baik dan dengan kecepatan yang tepat
  • Memeriksa dan mengukur organ utama bayi
  • Mengukur ukuran bayi
  • Memeriksa kadar cairan ketuban
  • Memeriksa cacat lahir tertentu
  • Menentukan jenis kelamin bayi
  • Memberi orang tua pandangan pada bayi dan memberikan kepastian bahwa semuanya berjalan sebagaimana mestinya dalam kehamilan

Prosedur USG

Untuk USG yang dilakukan di perut, Anda akan diminta untuk berbaring dan teknisi akan mengoleskan gel tertentu di perut Anda. Gel ini akan membantu membawa gelombang suara. Kemudian teknisi akan memegang probe di perut Anda dan memindahkannya untuk mendapatkan gambar. Setelah itu, Anda bisa mendapatkan foto atau salinan film 4D untuk dibawa pulang. Dokter Anda akan memberi tahu Anda jika ada sesuatu yang tampak tidak biasa.

Ultrasonografi 3D dan 4D seperti yang merupakan salah satu layanan dari Eka Hospital Cibubur ini juga dilakukan untuk memeriksa dengan cermat dugaan anomali janin, seperti masalah bibir sumbing dan sumsum tulang belakang, atau untuk memantau sesuatu yang spesifik. Dengan kata lain, sonogram 3D dan ultrasound 4D biasanya bukan bagian dari pemeriksaan pranatal rutin.

Untuk Anda yang ingin melakukan pemeriksaan menggunakan USG 3 dimensi atau 4 dimensi, Anda bisa melakukannya di rumah sakit yang memiliki layanan tersebut seperti Eka Hospital Cibubur yang berlokasi di Jalan Raya Kota Wisata, Kota Wisata Cibubur Perum Kota Wisata Kav V2, Nagrak, Kec. Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat 16967. Rumah sakit Eka Hospital Cibubur dan memiliki jam operasional 00.00 hingga 23.59 mulai hari Senin hingga Minggu, serta unit gawat darurat 24 jam.

Leave a Reply