Jangan Sampai Keliru, Ini Cara Tepat Menggunakan Minyak Angin

Jangan Sampai Keliru, Ini Cara Tepat Menggunakan Minyak Angin

Minyak kayu putih atau minyak angin seringkali digunakan sebagai upaya pengobatan herbal. Minyak jenis ini dianggap memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti meredakan nyeri, mengatasi hidung tersumbat, serta gejala-gejala lain dari kondisi masuk angin.

Menggunakan minyak kayu putih memang tepat apabila Anda tahu cara yang benar untuk melakukannya. Jika tidak digunakan dengan benar, bisa-bisa Anda malah tidak mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Cara-cara menggunakan minyak angin

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan minyak kayu putih. Penggunaan minyak kayu putih bisa dilakukan dengan cara-cara berikut:

  • Sebagai pereda gejala masuk angin

Masuk angin bisa membuat Anda mengalami gejala pilek dan batuk, serta rasa sakit di perut. Terkadang, masuk angin juga bisa membuat Anda merasa pegal-pegal, mual, dan muntah. 

Minyak kayu putih sudah sejak lama dipercaya memiliki kemampuan untuk mengatasi gejala-gejala masuk angin ini. Oleh sebab itu, Anda bisa mencoba menggunakan minyak kayu putih sebagai cara untuk meredakan gejala masuk angin.

  • Sebagai pelega hidung tersumbat dan batuk

Minyak angin juga umumnya memiliki kemampuan untuk meredakan gejala hidung tersumbat. Anda bisa mengoleskan minyak di sekitar lubang hidung Anda. Kemudian, ketika aroma minyak tercium, aroma tersebut bisa bekerja dari dalam tubuh Anda untuk melegakan sumbatan pada hidung. 

Ini juga berlaku bagi kondisi batuk yang disebabkan oleh pilek atau flu. Anda bisa mengoleskan minyak kayu putih di dada Anda untuk meredakan gejala batuk tersebut.

  • Sebagai penangkal gigitan nyamuk

Beberapa produk minyak kayu putih menggunakan komposisi kandungan yang mampu menjauhkan nyamuk. Ketika dioleskan ke kulit, Anda bisa terhindar dari gigitan nyamuk.

Hal ini bisa terjadi karena kandungan minyak kayu putih memiliki bahan kimia yang mampu mengusir segala jenis serangga, termasuk nyamuk. Jadi, jika Anda ingin terhindar dari gigitan nyamuk, jangan ragu untuk mengoleskan minyak kayu putih ke kulit Anda. 

  • Sebagai pereda nyeri otot dan sendi

Umumnya, minyak kayu putih menggunakan bahan dasar berupa metil salisilat. Ini merupakan zat kimia yang memiliki efek untuk meredakan nyeri pada otot dan sendi.

Ketika Anda merasakan adanya rasa sakit pada otot dan sendi, cobalah untuk mengoleskan minyak angin. Rasa nyeri Anda akan berangsur-angsur membaik, terlebih karena minyak kayu putih memiliki efek dingin atau hangat yang melegakan.

  • Sebagai penenang saraf

Ketika Anda mengalami stres atau merasa tegang dan cemas, saraf-saraf Anda akan bereaksi secara abnormal. Ini akan membuat Anda kesulitan untuk fokus melakukan kegiatan yang seharusnya Anda lakukan sehari-hari.

Menghirup aroma dari minyak kayu putih bisa membantu mengatasi hal ini. Minyak kayu putih memiliki efek menenangkan, sehingga bisa membantu mengendalikan saraf Anda agar menjadi lebih rileks. 

Itulah beberapa cara utama yang bisa Anda lakukan ketika akan menggunakan minyak kayu putih. Cara-cara ini bisa diterapkan baik untuk orang dewasa, lansia, anak-anak, maupun bayi.

Akan tetapi, akan lebih baik kalau Anda menyesuaikan produk minyak kayu putih yang digunakan dengan usia Anda. Setiap produk minyak kayu putih biasanya dirancang untuk golongan usia tertentu.

Untuk anak-anak, gunakanlah minyak kayu putih yang dikhususkan untuk anak-anak. Lakukan hal yang sama untuk pemakaian pada bayi.

Menyesuikan jenis minyak angin yang digunakan dengan golongan usia akan mencegah potensi munculnya reaksi negatif setelah pemakaian.

Leave a Reply