Farsifen dan Berbagai Cara Redakan Nyeri Haid

Farsifen dan Berbagai Cara Redakan Nyeri Haid

farsifen

Nyeri haid memang sulit ditolak. Sebagian besar perempuan yang mengalami periode menstruasi, pasti pernah merasakan nyeri haid, walaupun dengan kadar yang berbeda-beda. Ada yang terasa ringan, tapi cukup mengganggu. Ada pula nyeri haid yang sangat menyakitkan sampai Anda tidak bisa melakukan aktivitas apapun dan hanya bisa berbaring. 

Ketika nyeri haid datang, Anda sebenarnya bisa membeli obat berjenis ibuprofen, seperti Farsifen. Obat ini dapat menjadi pereda nyeri atas nyeri yang Anda rasakan. 

Namun tentunya, ada banyak cara meredakan nyeri haid. Berikut ini adalah  berbagai cara mengurangi nyeri haid ketika menstruasi sehingga Anda tetap bisa berkegiatan secara normal. 

Memberi Kompres Panas di Perut 

Mengompres perut dengan botol berisi air panas yang dibalut kain ataupun menggunakan bantal pemanas sangat dianjurkan ketika Anda mengalami nyeri haid. Pasalnya, pemberian kompres panas bisa membantu mengendurkan otot rahim Anda yang tengah berkontraksi. Dalam sebuah tinjauan yang diterbitkan pada Maret 2014 di The Journal of Physiotherapy, ditemukan fakta bahwa panas secara signifikan bisa mengurangi nyeri haid wanita. Bahkan dalam penelitian yang berbeda, didapatkan fakta bahwa kemampuan kompres panas untuk mengatasi nyeri haid setara dengan pemberian ibuprofen seperti Farsifen maupun plasebo.  

Memijat Perut dengan Lembut 

Cobalah melakukan pijatan lembut dengan gerakan melingkar di perut Anda ketika gejala kram dan nyeri haid mulai datang. Tidak perlu lama-lama, pijatan untuk nyeri haid cukup lima menit saja. Pijatan ini bisa meningkatkan sirkulasi darah di perut Anda sekaligus mengurangi kram. Nyeri haid pun dapat mereda. Untuk hasil lebih optimal, Anda bisa melakukan pijatan dengan baluran minyak esensial, seperti minyak lavender, minyak mawar, ataupun kayu manis. Jangan lupa mengencerkan minyak esensial tersebut dengan minyak kelapa atau minyak zaitun dahulu agar tidak “membakar” kulit. Minyak esensial akan membuat proses pemijatan lebih mudah sekaligus memberikan Anda efek rileks yang mengalihkan rasa sakit. 

Mengonsumsi Cairan Sesuai Kebutuhan 

Pastikan Anda tetap terhidrasi selama haid agar nyeri haid tidak terlalu mengganggu. Soalnya, Anda lebih mungkin mengalami kram perut selama menstruasi jika mengalami dehidrasi. Usahakan untuk minum delapan gelas air dengan total volume 2,5—3 liter per hari. Anda bisa saja membutuhkan lebih banyak jika udara panas atau sehabis berolahraga. 

 Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri 

Obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti ibuprofen, naproxen, dan aspirin adalah pengobatan yang efektif untuk nyeri haid berupa kram. Farsifen sendiri merupakan jenis ibuprofen yang dapat menghambat kerja enzim siklooksigenase, yaitu enzim yang berfungsi membantu pembentukan prostaglandin atau senyawa yang dapat menyebabkan peradangan. Pembentukan enzim bisa ditekan, rasa sakit dan peradangan pun dapat diminimalkan. 

Melakukan Olahraga 

Anda mungkin merasa lemas ketika mengalami menstruasi. Namun nyatanya, dengan berolahraga, Anda bisa terhindar dan meredakan nyeri haid yang mengganggu. Salah satu jenis olahraga yang disarankan untuk meredakan nyeri haid adalah aerobik. Namun, berolahraga ringan, seperti jogging ataupun jalan santai pun tetap mampu mengurangi kram menstruasi dengan cukup baik. 

Mengurangi Makanan Pemicu Kembung 

Beberapa jenis makanan bisa membuat nyeri haid bertambah parah. Itu adalah makanan-makanan yang membuat perut Anda kembung, di antaranya makanan berlemak, makanan asin, minuman berkarbonasi, kafein, juga alkohol. Mengurangi konsumsi berbagai makanan tersebut ketika menstruasi dapat membantu meringankan kram dan mengurangi ketegangan penyebab nyeri haid. 

 Berendam Air Hangat 

Berendam air hangat adalah cara terbaik untuk memberi kehangatan pada sekeliling otot panggul  Anda secara optimal. Otot-otot tersebut pun akan lebih rileks dan kendur sehingga nyeri haid bisa berkurang. Menambahkan beberapa tetes minyak esensial ataupun garam kasar di bak mandi juga bisa mengoptimalkan fungsi berendam air hangat untuk masalah menstruasi Anda yang menyakitkan. Namun, tidak perlu terlalu lama. Berendam air hangat yang dianjurkan untuk berbagai manfaat kesehatan, tidak terkecuali untuk mengurangi nyeri haid, cukup 15 menit. 

Farsifen memang cara simpel untuk meredakan nyeri haid. Namun, mencoba cara-cara alami terlebih dahulu tentunya lebih baik. Karena bagaimanapun, Farsifen merupakan jenis obat bebas terbatas yang penggunaannya sebaiknya sesuai petunjuk dokter.

Leave a Reply