Efisol Efektif Atasi Sariawan

Efisol Efektif Atasi Sariawan

Efisol obat sariawan

Sariawan merupakan kondisi adanya luka atau lepuhan pada bagian dalam bibir atau pipi. Sariawan biasanya memiliki warna kuning atau putih dan dikelilingi oleh jaringan lunak meradang berwarna merah. Sariawan terasa nyeri di mulut dan terkadang memberi sensasi berkedut. Dalam beberapa kasus, gejala lain dapat menemani terjadinya sariawan, seperti kelenjar getah bening yang bengkak, demam, dan perasaan tidak enak. Sariawan bukanlah sebuah kondisi yang menular, dan biasanya akan sembuh dalam satu hingga tiga minggu tanpa perawatan khusus, meskipun rasa nyeri biasanya akan hilang setelah 7 hingga 10 hari. Ada pula obat seperti Efisol yang dapat digunakan untuk mengatasi sariawan. 

Sariawan biasanya akan sembuh dengan sendirinya tanpa perawatan khusus. Namun, untuk mempercepat proses pemulihan, Anda bisa menggunakan obat seperti Efisol. Selain itu, ada banyak perubahan gaya hidup bermanfaat yang bisa Anda lakukan untuk merawat sariawan. Sikat gigi dan melakukan flossing setiap harinya dan secara teratur dapat mencegah terjadinya infeksi bakteri. Hindari makanan pedas untuk mempercepat proses pemulihan. Minumlah susu atau mengonsumsi yogurt atau es krim juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri. 

Rasa nyeri yang disebabkan oleh sariawan dapat bersifat parah. Anda bisa mengurangi rasa tidak nyaman tersebut dengan berkumur menggunakan obat kumur atau air garam. Pada saat dilakukan pertama kali, berkumur menggunakan larutan tersebut akan menyebabkan rasa tidak nyaman. Namun, setelah beberapa waktu, obat kumur akan membantu mengurangi rasa nyeri. Beberapa bahan yang ada di produk topikal over-the-counter dapat membantu meredakan dan merawat sariawan, seperti benzocaine, hydrogen peroxide, dan fluocinonide. 

Penyebab dan faktor risiko

Risiko Anda menderita sariawan meningkat apabila Anda memiliki riwayat keluarga pernah memiliki sariawan. Sariawan memiliki banyak penyebab, dengan penyebab umum yang sering mengakibatkan kondisi ini di antaranya adalah infeksi virus, stres, fluktuasi hormon, alergi makanan, siklus menstruasi, defisiensi vitamin atau mineral, gangguan sistem kekebalan tubuh, dan cidera mulut.

Defisiensi vitamin tertentu, seperti B-3 (niacin), B-9 (asam folat), atau B-12 (cobalamin) dapat menyebabkan Anda lebih rentan dalam menderita sariawan. Defisiensi zinc, zat besi, ataupun kalsium juga dapat memicu atau bahkan membuat sariawan menjadi lebih parah. Dalam beberapa kasus, penyebab sariawan tidak bisa ditentukan. 

Anda bisa mencegah terjadinya sariawan dengan menghindari makanan yang dapat memicu kondnisi ini, biasanya makanan pedas, asin, atau asam. Selain itu, hindari makanan yang dapat menyebabkan gejala alergi, seperti mulut gatal, lidah membengkak, dan gatal-gatal.

Apabila sariawan muncul akibat stres, lakukan metode pengurangan stres dan teknik menenangkan diri, misalnya tarik napas dalam-dalam dan meditasi. Anda juga perlu menjaga kebersihan dan kesehatan mulut, dan gunakan sikat gigi yang lembut untuk menghindari terjadinya iritasi pada gusi dan jaringan yang lunak. 

Konsultasilah dengan dokter untuk mengetahui apakah Anda sedang menderita defisiensi vitamin atau mineral khusus. Dokter dapat membantu Anda membuat rencana diet yang cocok serta dapat meresepkan suplemen khusus apabila Anda membutuhkannya.

Hubungi dokter atau dokter gigi jika Anda menderita lepuhan berukuran besar di bibir, rasa nyeri yang teramat sangat, demam tinggi, ruam, dan sakit kepala. Dalam kasus yang ringan, sariawan dapat diatasi menggunakan Efisol. Namun, carilah bantuan medsi apabila Anda tidak bisa makan atau minum akibat sariawan atau sariawan yang diderita tidak kunjung sembuh setelah lebih dari 3 minggu, bahkan setelah dilakukan perawatan. 

Sumber:

https://www.healthline.com/health/canker-sores#prevention
https://www.medicinenet.com/canker_sores/article.htm

Leave a Reply